Minggu, 18 Oktober 2009

Koneksi Wireless Antar Dua Komputer

Sebuah tutorial pemula memang. Tapi demikianlah bahwa masih banyak yang belum mengetahuinya dan tidak ada salahnya saya berbagi di sini. Sebagaimana beberapa waktu lalu saya mendapatkan SMS dari seorang teman yang menanyakan cara setting koneksi dua buah laptop menggunakan perangkat wireless.

Baiklah secara umum pengaturannya bisa dibagi dua, yaitu mengatur perangkat wireless untuk melakukan komunikasi secara langsung tanpa melalui access point --diistilahkan dengan nama "ad-hoc" kemudian mengatur alamat IP kedua perangkat wireless agar berada pada alamat jaringan yang sama sebagai syarat umum komunikasi antar perangkat dalam sebuah jaringan.

Secara teknis, berikut merupakan langkah yang bisa dicoba dibedakan berdasarkan sistem operasi.
1. GNU/Linux
Pertama-tama pengaturan mode ad-hoc di masing-masing perangkat wireless. Adapun perintah yang digunakan adalah sama di masing-masing perangkat. Dengan asumsikan bahwa devais interface wireless adalah eth1. Dan kita akan menamakan koneksi antar dua perangkat yang akan kita buat dengan nama "percobaan" (tanpa tanda kutip).
$ sudo iwconfig eth1 essid percobaan mode ad-hoc

Silahkan sesuaikan perintah di atas dengan nama devais perangkat wireless yang dikenali oleh distro linux Anda dan juga menyesuaikan dengan nama essid yang akan digunakan bersama.

Selanjutnya kita akan memberikan alamat IP pada kedua perangkat tadi. Yang pertama (A) kita berikan alamat IP 192.168.1.1 dan yang kedua (B) kita berikan alamat IP 192.168.1.2. Untuk kedua perangkat tadi kita berikan alamat netmask 255.255.255.252.
Untuk perangkat A berikan perintah berikut.
$ sudo ifconfig eth1 192.168.1.1 netmask 255.255.255.252

Sedangkan untuk perangkat B berikan perintah berikut.
$ sudo ifconfig eth1 192.168.1.2 netmask 255.255.255.252

Untuk selanjutnya adalah melakukan pengetesan, apakah pengaturan sudah berjalan dengan baik atau tidak. Lakukan ping ke alamat IP perangkat wireless teman.
Dari perangkat yang beralamat IP 192.168.1.1 berikan perintah:
$ ping 192.168.1.2

Sedangkan dari perangkat yang beralamat IP 192.168.1.2 berikan perintah:
$ ping 192.168.1.1

Bila ping memberikan balasan (reply), berarti pengaturan telah berhasil dan komunikasi antar dua perangkat wireless tadi sudah bisa dilakukan.

2. Microsoft Windows
Seperti halnya di Linux, kita akan menambahkan koneksi ad-hoc terlebih dahulu. Masuklah di Control Panel > Network Connections. Selanjutnya klik kanan di atas ikon koneksi perangkat wireless yang telah terpasang dalam sistem. Dari daftar pop-up menu yang muncul pilih Properties.

Pada jendela yang muncul masuklah ke tab Wireless Networks. Klik tombol [Add]. Selanjutnya akan muncul jendela Wireless network properties.

Pada baris isian Network name (SSID):, masukkan: "percobaan" (tanpa tanda kutip).

Kemudian berikan tanda centang pada pilihan This is a computer-to-computer (ad hoc) network; wireless access points are not used. Klik [OK].

Selanjutnya nama SSID yang kita buat akan terdaftar pada Preferred networks.

Tahap berikutnya adalah memberikan alamat IP. Berpindahlah pada tab General.

Pada daftar item koneksi carilah item Internet Protocol (TCP/IP), kemudian klik tombol [Properties]. Pada jendela yang muncul, pilihlah Use the following IP address.

Untuk perangkat A masukkan nilai "192.168.1.1" (tanpa tanda kutip) pada baris isian IP address:, kemudian masukkan nilai "255.255.255.252" (tanpa tanda kutip) pada baris isian Subnet mask:. Klik [OK]. Kemudian klik [OK].

Lakukan langkah yang sama pada perangkat B hanya saja nilai yang diisikan pada IP address: diganti dengan "192.168.1.2" (tanpa tanda kutip).

Untuk melakukan koneksi, klik kanan pada ikon jaringan wireless di sistem tray, kemudian pilih View Available Wireless Networks. Pada jendela yang muncul akan terlihat jaringan yang telah kita buat. Klik pada jaringan tersebut kemudian klik tombol [Connect]. Tunggu beberapa saat sampai status koneksi menjadi: Connected.

Setting Wireless Windows I

Setting Wireless Windows II

Setting Wireless Windows III

Setting Wireless Windows IV

Setting Wireless Windows V

Setting Wireless Windows VI

Untuk selanjutnya adalah melakukan pengetesan, apakah pengaturan sudah berjalan dengan baik atau tidak. Lakukan ping ke alamat IP perangkat wireless teman. Jalankan Command Prompt dari menu Start » All Programs » Accessories » Command Prompt

Dari perangkat yang beralamat IP 192.168.1.1 berikan perintah:

ping 192.168.1.2

Sedangkan dari perangkat yang beralamat IP 192.168.1.2 berikan perintah:

ping 192.168.1.1

Bila ping memberikan balasan (reply), berarti pengaturan telah berhasil dan komunikasi antar dua perangkat wireless tadi sudah bisa dilakukan.

Semoga bermanfaat... :)




0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Add FB saya di...

pandu_artyan@yahoo.com

Text

Hai Indonesia Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template